Peningkatan pengiriman massal BMI ke luar negeri terus ditingkatkan secara masif
![]() |
Kantor pelayanan satu pintu ini ada di kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Jatim, Jalan Bendul Merisi, Kecamatan Wonokromo. Kantor ini memberikan tujuh jenis pelayanan yaitu Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (LP3TKI), kependudukan, kesehatan, Polda Jatim, BPJS Ketenagakerjaan, dan imigrasi.
Di loket Disnakertrans, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan legalisasi PP, penerbitan SPR, pengaduan, dan informasi kerja ke luar negeri. Di loket LP3TKI, pelayanan yang diberikan berupa verifikasi dokumen PAP dan e-KTKLN, pelaksanaan PAP, dan penerbitan e-KTKLN.
Di loket kependudukan, masyarakat memperoleh pelayanan berupa verifikasi e-KTP, verifikasi kartu keluarga, dan verifikasi akte kelahiran.
Di loket kesehatan, pelayanan yang diberikan antara lain pemeriksaan calon Buruh Migran Indonesia (BMI). Pada loket Polda Jatim, masyarakat bisa memperoleh pelayanan penerbitan SKCK.
Untuk loket BPJS Ketenagakerjaan, pelayanan yang bisa diakses yakni jaminan sosial bagi Buruh Migran. Sedangkan loket imigrasi memberikan pelayanan berupa penerbitan paspor.
Di tempat ini, setiap harinya petugas mampu mengurusi sekitar 150-200 BMI. Sebelumnya diketahui proses penempatan berlangsung selama 40 hari. Sistem satu pintu ini cukup di satu ruangan semua terselesaikan dan hanya sehari untuk prosesnya. Dan ditambah tiga hari untuk pembuatan paspor.
Untuk lebih memasifkan pengiriman BMI di Jatim, BNP2TKI menggagas agar kantor ini direplikasi di Jatim minimal pada 10 titik. Terutama pada kantong-kantong sumber Buruh Migran seperti Malang, Tulungagung dan Madiun.
COMMENTS