/* Youtube Responsive */ .videoyoutube{text-align:center;margin:auto;width:100%;} .video-responsive{position:relative;padding-bottom:56.25%;height:0;overflow:hidden;} .video-responsive iframe{position:absolute;top:0;left:0;width:100%;height:100%;border:0} /* CSS Only */ .post-body iframe{width:100%!important;} @media screen and (max-width:960px){ .post-body iframe{max-height:90%}} @media screen and (max-width:768px){ .post-body iframe{max-height:75%}} @media screen and (max-width:600px){ .post-body iframe{max-height:60%}} @media screen and (max-width:480px){ .post-body iframe{height:auto!important;max-height:auto!important}} .youtube-box,.youtube-frame { display:block; width:420px; height:315px; background-color:black; background-size:100%; position:relative; border:none; margin:0 auto 15px; } .youtube-box span { display:block; position:absolute; top:0; right:0; bottom:0; left:0; } .youtube-box .youtube-title { background-color:rgba(0,0,0,0.4); font:bold 15px Verdana,Arial,Sans-Serif; color:white; text-shadow:0 1px 2px black; bottom:auto; line-height:30px; height:30px; overflow:hidden; padding:0 15px; } .youtube-box .youtube-bar { background:black url('http://4.bp.blogspot.com/-7keKvgPlMUA/T7vJpi3X_YI/AAAAAAAACtw/4OUd7uHadDk/s1600/yt-bar-center.png') repeat-x top; height:35px; top:auto; } .youtube-box .youtube-bar .yt-bar-left { background:transparent url('http://4.bp.blogspot.com/-WL_y2cwe57k/T7xHS3C8tTI/AAAAAAAACug/xIqhenfa-4o/s1600/yt-bar-left.png') no-repeat top left; z-index:4; cursor:pointer; } .youtube-box .youtube-bar .yt-bar-right { background:transparent url('http://1.bp.blogspot.com/-DCNevn4jQx0/T7vJt3X3pjI/AAAAAAAACuA/uIKxoT3685M/s1600/yt-bar-right.png') no-repeat top right; } .youtube-box .youtube-play { cursor:pointer; width:83px; height:56px; top:50%; left:50%; margin:-28px 0 0 -42px; background:transparent url('http://1.bp.blogspot.com/-JVqaIffy7Ws/T7vK4-ya81I/AAAAAAAACuI/UCL8Y7G4DqE/s1600/yt-play.png') no-repeat top left; } .youtube-box .youtube-play:hover { background-position:bottom left; } .youtube-box,.youtube-frame { display:block; width:420px; height:315px; background-color:black; background-size:100%; position:relative; border:none; margin:0 auto 15px; } .youtube-box span { display:block; position:absolute; top:0; right:0; bottom:0; left:0; } .youtube-box .youtube-title { background-color:rgba(0,0,0,0.4); font:bold 15px Verdana,Arial,Sans-Serif; color:white; text-shadow:0 1px 2px black; bottom:auto; line-height:30px; height:30px; overflow:hidden; padding:0 15px; } .youtube-box .youtube-bar { background:black url('http://4.bp.blogspot.com/-7keKvgPlMUA/T7vJpi3X_YI/AAAAAAAACtw/4OUd7uHadDk/s1600/yt-bar-center.png') repeat-x top; height:35px; top:auto; } .youtube-box .youtube-bar .yt-bar-left { background:transparent url('http://4.bp.blogspot.com/-WL_y2cwe57k/T7xHS3C8tTI/AAAAAAAACug/xIqhenfa-4o/s1600/yt-bar-left.png') no-repeat top left; z-index:4; cursor:pointer; } .youtube-box .youtube-bar .yt-bar-right { background:transparent url('http://1.bp.blogspot.com/-DCNevn4jQx0/T7vJt3X3pjI/AAAAAAAACuA/uIKxoT3685M/s1600/yt-bar-right.png') no-repeat top right; } .youtube-box .youtube-play { cursor:pointer; width:83px; height:56px; top:50%; left:50%; margin:-28px 0 0 -42px; background:transparent url('http://1.bp.blogspot.com/-JVqaIffy7Ws/T7vK4-ya81I/AAAAAAAACuI/UCL8Y7G4DqE/s1600/yt-play.png') no-repeat top left; } .youtube-box .youtube-play:hover { background-position:bottom left; } /*fb-like-box responsive*/ .fb-like-box{width: 100% !important;} .fb-like-box iframe[style]{width: 100% !important;} .fb-like-box span{width: 100% !important;} .fb-like-box iframe span[style]{width: 100% !important;}

Belajar Menjadi Fasilitator Yang Baik

Proses Belajar Andragogis

Proses Belajar Andragogis

KOBUMI - Fasilitator adalah mereka yang ditugasi untuk melakukan fasilitasi dalam proses pembelajaran. Sebutan fasilitator biasanya digunakan dalam proses pembelajaran orang dewasa atau sering disebut andragogi. Metoda ini dirancang mengacu pada pendidikan orang dewasa, suatu model  pendidikan yang mengutamakan penggalian, pendalaman, pengembangan, pegejawantahan  pengalaman dan potensi individu secara optimal. Tahapan yang dilakukan dalam metoda ini yakni mengalami, mengemukakan, mengolah, melakukan kesimpulan, serta diakhiri dengan aplikasinya. Singkatnya sering disebut dengan aksi refleksi. 

Dengan kata lain tugas fasilitator dalam sebuah proses pembelajaran orang dewasa hakekatnya mengantarkan peserta didik untuk menemukan sendiri isi atau materi pelajaran yang ditawarkan atau yang disediakan melalui /oleh penemuannya sendiri.

Secara garis besar sikap dan perilaku fasilitator berkaitan dengan disiplin dan kepemimpinan, bagaimana fasilitator mengolah waktu, tanggung jawab, membangun jejaring kerja serta bagaimana memperlakukan peserta didik secara proporsional.


Faktor integritas berkaitan dengan kejujuran, ketegasan dan kepatuhan pada norma dan etika, sedangkan kerjasama dan prakarsa berkaitan sekali dengan bagaimana fasilitator mau menerima pendapat yang berkembang dalam proses belajar mengajar, tidak mendikte atau mendominasi kelas, mampu mengajukan pertanyaan dan memberikan saran secara berimbang, mampu mengendalikan diri sesuai dengan situasi dan lingkungan.

Belajar hakekatnya merupakan proses membangun pengetahuan melalui transformasi pengalaman. Suatu proses belajar dapat dikatakan berhasil bila dalam diri individu terbentuk pengetahuan, sikap, ketrampilan atau kebiasaan baru yang secara kualitatif lebih baik dari sebelumnya melalui sebuah proses yang disebut dengan proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang baik adalah proses pembelajaran yang memungkinkan para pembelajar aktif melibatkann diri secara keseluruhan proses baik  secara mental maupun secara fisik.

Untuk menawarkan dan menyediakan materi ajar dalam mengantarkan peserta didik agar dapat menemukan substansi materinya, kemampuan fasilitator melakukan komunikasi dan mempresentasikan pemikirannya dalam sebuah proses pembelajaran sangat penting. Tanpa kemampuan komunikasi yang baik, serta kemampuan melakukan peresentasi yang baik, proses transfer ide tidak akan terjadi sehingga niscaya prosess itu akan berhasil.


Di dalam melakukan komunikasi itulah nampaknya juga diperlukan cara atau strategi yang harus digunakan agar tujuan pembelajaran bagi orang dewasa dapat tercapai. Penguasaan strategi belajar mengajar harus dikuasai dengan benar.

Dalam hal ini, perlu kiranya untuk diperhatikan bahwa peran fasilitator disini hanya membantu agar:

  • Peserta dapat menemukan sendiri dan mengembangkan pengetahuan melalui proses pembelajaran.
  • Fasilitator dalam pelatihan sebaiknya adalah orang-orang yang sebelumnya sudah dilatih untuk menjadi fasilitator dengan pengetahuan dan keterampilan khusus, terutama terkait materi-materi yang akan dismpaikan

Fasilitator yang baik, adalah seseorang yang dapat melakukan :

  • Senantiasa menciptakan suasana aman dan nyaman,
  • Tidak menggurui atau mendominasi, apalagi memaksakan pendapatnya sendiri,
  • Selalu berusaha mempermudah peserta untuk belajar,
  • Percaya pada kemampuan (pengetahuan, nilai-nilai, sikap) peserta,
  • Bersikap netral dan tidak menilai benar-salah,
  • Mau mendengarkan dengan aktif dan memberi kesempatan kepada peserta pelatihan dalam mengemukakan aspirasinya secara bebas,
  • Bersikap empatik dan peka terhadap kekhawatiran atau ketidaknyamanan peserta.

Beberapa syarat yang diperlukan untuk menjadi fasilitator dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran adalah sebagai berikut:

  • Memiliki kepedulian dan komitmen atas rencana pembelajaran,
  • Tidak memiliki konflik kepentingan,
  • Tidak diskriminatif terhadap peserta,
  • Memiliki kemauan untuk belajar hal-hal baru dari proses pembelajaran,
  • Memiliki kemampuan dan keahlian dalam memfasilitasi proses belajar serta dapat menyampaikan materi dengan jelas;
  • Mampu menghargai dan menghormati hak-hak peserta belajar;
  • Bukan pelaku yang menyimpang dari maksud dan tujuan belajar

Selanjutnya agar proses belajar dapat berjalan dengan baik setidaknya seorang fasilitator harus dapat :

  • Menjaga agar kelompok tetap fokus pada tujuan dan proses tetap obyektif
  • Membantu kelompok menentukan arah yang akan ditempuh dan mencapai tujuan mereka
  • Lebih banyak mendengarkan daripada berbicara
  • Dapat menyesuaikan dengan gaya belajar yang berbeda-beda
  • Mendorong semua orang untuk berpartisipasi, dengan menyadari bahwa setiap orang berpartisipasi dengan cara yang berlainan. Ada yang mungkin hanya berbicara dalam kelompok kecil, tetapi tetap berpartisipasi.

COMMENTS

BLOGGER
Nama

BURUH,90,DAPUR,2,E-BOOK,6,IDONESIA TENGAH,2,INDONESIA BARAT,14,INDONESIA TIMUR,1,INFO MIGRAN,146,INFO PERATURAN,41,INTERNASIONAL,37,Kobumi TV,54,LUAR NEGERI,40,NASIONAL,57,OPINI,5,PETANI,6,RELEASE,29,RELEASE BURUH,9,RELEASE KOBUMI,5,RELEASE PETANI,4,RELEASE PPRI,3,RESENSI,1,SAMIN,55,SEJARAH,1,SEKOLAH MIGRAN,49,SOLIDARITAS,36,TOKOH,2,
ltr
item
KOBUMI: Belajar Menjadi Fasilitator Yang Baik
Belajar Menjadi Fasilitator Yang Baik
Proses Belajar Andragogis
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjiJDMu9lec73Adv-E8hcMsd-AYt2iQDLpEHGjtJfs4fyCxeFNNCgJdjCMylt_uudNy0IDWPVi0jHYY6sowUVgFUSu0_ibzune56uLT-bhsJdhgXw26dVpbWG-kBgAKQ4u2032YWXmToPAL/s1600/belajar-menjadi-fasilitator-yang-baik.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjiJDMu9lec73Adv-E8hcMsd-AYt2iQDLpEHGjtJfs4fyCxeFNNCgJdjCMylt_uudNy0IDWPVi0jHYY6sowUVgFUSu0_ibzune56uLT-bhsJdhgXw26dVpbWG-kBgAKQ4u2032YWXmToPAL/s72-c/belajar-menjadi-fasilitator-yang-baik.jpg
KOBUMI
https://kobumi.blogspot.com/2015/03/belajar-menjadi-fasilitator-yang-baik.html
https://kobumi.blogspot.com/
https://kobumi.blogspot.com/
https://kobumi.blogspot.com/2015/03/belajar-menjadi-fasilitator-yang-baik.html
true
3067231038423991292
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA ARTIKEL INI LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy